Setelah mengambil kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan memahami tentang disiplin ilmu manajemen proyek, dan menerapkannya dalam praktik mengelola sebuah proyek teknologi informasi. Disiplin ilmu manajemen proyek yang diajarkan dalam mata kuliah ini mengacu kepada best practice yang menjadi standar internasional yaitu PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dari www.pmi.org yang saat ini sudah mencapai edisi ke-7.

Mata kuliah ini mengajarkan teori dalam mengelola proyek teknologi informasi dan juga peran dari manajer proyek. Aspek pengelolaan manajemen proyek yang diajarkan meliputi perencanaan, eksekusi, dan monitoring dari pelaksanaan proyek serta aplikasinya dalam pengelolaan perubahan dalam organisasi.

Fokus dari mata kuliah ini adalah pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola proyek yang meliputi: pemilihan proyek, pengelolaan scope dan WBS, pengelolaan jadwal, pengelolaan biaya, pengelolaan risiko, pengelolaan pemangku kepentingan dan komunikasi, pengelolaan kualitas, pengelolaan perubahan dalam organisasi, dan penutupan proyek. Mahasiswa akan belajar membuat perencanaan proyek menggunakan proyek pilihan masing-masing.

Pada akhir perkuliahan mahasiswa akan memahami mengapa manajemen proyek membutuhkan profesionalisme tingkat tinggi, dan bagaimana mencapai profesionalisme tersebut dalam proyek-proyek di masa yang akan datang.