Pengumuman Akademis

Kuliah Peminatan Pemrograman Fungsional - dengan Javascript dan Erlang

 
Azurat's
Kuliah Peminatan Pemrograman Fungsional - dengan Javascript dan Erlang
by Ade Azurat - Tuesday, 7 August 2018, 5:19 PM
 

CSCE604123 Pemrograman Fungsional 

Kepada rekan sivitas akademika Fasilkom UI khususnya mhs tingkat 3 dan 4,

Perkembangan saat ini menunjukkan paradigma pemrograman fungsional semakin erat dengan bahasa pemrograman modern dan semakin mendapat perhatian sebagai sebuah mental thinking yang penting untuk dapat menghasilkan source code yang lebih berkualitas. Termasuk penerapan paradigma pemrograman fungsional dalam javascript.

Javascript, sejak 1995 diperkenalkan, telah cukup banyak menarik perhatian untuk kebutuhan pengembangan front-end, belakangan ini dengan framework yang terus dikembangkan muncul tren untuk menggunakan javascript tidak hanya sebagai front-end tapi juga back-end. Kebutuhan akan programmer javascript sebagai full-stack programmer mulai berkembang.

Sesuatu yang belum banyak diketahui programmer termasuk javascript programmer adalah bahwa sebenarnya javascript merupakan bahasa yang relatif 'mencampur' beberapa paradigma pemrograman dan memberikan cukup banyak kebebasan dalam mengimplementasikan suatu permasalahan. Hal ini sepertinya menarik namun bila digunakan kurang bijaksana dapat membuat source code yang dihasilkan menjadi campur aduk dan sulit dibaca.

Dengan pemahaman paradigma pemrograman yang baik dan mengenal kelebihan dan keterbatasan masing-masing, seorang programmer akan dapat menghasilkan source yang lebih efektif, modular lebih mudah dibaca/dipahami. 

Perkuliahan ini akan memberikan dasar-dasar paradigma pemrograman fungsional termasuk landasan teori yang menarik untuk digali sebagai salah satu dasar dalam mengikuti perkembangan dunia komputasi yang bergerak sangat pesat. Disisi lain, perkuliahan ini juga akan memberikan cukup kesempatan agar peserta dapat melatih keterampilan dan pengalaman pragmatis menerapkan paradigma pemrograman fungsional. 

Diharapkan peserta yang menyelesaikan kuliah ini dengan baik, akan menjadi full stack programmer yang lebih berkualitas dengan penerapan paradigma fungsional yang tepat guna baik ketika menggunakan bahasa pemrograman fungsional atau pun tidak. Bagi rekan-rekan yang ingin memperdalam penelitian di bidang theory of computation dan pemrograman fungsional, diharapkan kuliah ini memberikan dasar-dasar yang kuat dan dapat melihat keindahan dan keunikan dari lambda calculus yang menarik untuk di-eksplorasi lebih lanjut pada tugas akhir atau pendidikan yang lebih tinggi nanti.

Selamat belajar, berkreasi dan mengembang potensi diri dengan penuh semangat,

salam,

Ade Azurat

Notes: Draft Rancangan Perkuliahan dapat dilihat di URL berikut: http://bit.ly/2KyiGlQ