Pengumuman Akademis

Mata Kuliah CSCE604179 Teknologi Mobile - Isu 5G dan IoT

 
Picture of Akademik Fasilkom
Mata Kuliah CSCE604179 Teknologi Mobile - Isu 5G dan IoT
by Akademik Fasilkom - Monday, 14 August 2023, 6:49 AM
 

Dear Mahasiswa,

Pada semester ganjil 2023/2024 ini, mata kuliah Teknologi Mobile kembali dibuka baik untuk mahasiswa Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, dengan pembelajaran akan difokuskan kepada teknologi komunikasi mobile. Teknologi komunikasi mobile merupakan backbone dari aplikasi berbasis mobile dan sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan.  

Perkembangan teknologi komunikasi mobile sendiri sudah memasuki era teknologi 5G, yang mana komunikasi mobile tidak hanya berfokus pada peningkatan kecepatan transmisi tetapi juga bagaimana teknologi ini mampu mendukung koneksi banyak berangkat sekaligus melalui fitur massive machine type communication atau sering disebut juga dengan Internet of Things (IoTs). Kemudian terdapat juga fitur ultra-low latency communications untuk mendukung aplikasi real time dengan kebutuhan latency dibawah 1 ms. Melalui fitur-fitur tersebut banyak use case aplikasi baru yang dapat dibuat dengan dukungan teknologi komunikasi mobile terkini. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan dikenalkan tipe-tipe aplikasi yang dapat diwujudkan menggunakan teknologi komunikasi mboile terbaru dan bagaimana implementasinya dari sisi perangkat lunak. Adapun beberapa aplikasi terkait meliputi:

1. Indoor Localization system guna mengetahui posisi suatu perangkat didalam ruangan  
2. iBeacon guna mendukung seamless small data exahange untuk keperluan advertising
3. Smart home system berbasis Internet of Things untuk mewujudkan home automation
4. Motion recognition system berbasis Wi-Fi signal untuk control system  
5. Industrial Internet of Things (IIoT)  berbasis jaringan 5G
6. Commercial Mobile Alert System (CMAS) dan Earthquake and Tsunami warning sistem berbasis jaringan seluler

Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan salah satu aplikasi diatas khususnya indoor location system, namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa dapat mengajukan untuk mengembangkan aplikasi lain sesuai dengan minat masing-masing.  

Bagi mahasiswa yang akan menyusun Tugas Akhir, mata kuliah ini diharapkan akan dapat memberikan topik riset yang dapat diajukan sebagai topik Tugas Akhir nantinya. Mahasiswa yang berminat dapat meng-extend tugas pada mata kuliah ini untuk dijadikan tugas akhir setelah melalui proses review lebih lanjut. Untuk yang tertarik mengenal topik-topik diatas lebih dalam, silahkan mendaftar pada mata kuliah CSCE604179 Teknologi Mobile.

 

Terimakasih,

Salam
Made Harta Dwijaksara
Dosen Pengampu CSCE604179 Teknologi Mobile.