Pengumuman Akademis

Informasi Mata Kuliah Sistem Terdistribusi

 
Picture of Akademik Fasilkom
Informasi Mata Kuliah Sistem Terdistribusi
by Akademik Fasilkom - Wednesday, 25 January 2023, 9:42 PM
 

Dear Mahasiswa,

 

Pada semester genap 2022/2023, Prodi Ilmu Komputer membuka kembali mata kuliah Sistem Terdistribusi dengan prasyarat mata kuliah Jaringan Komputer.

 

Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip dasar dari sistem terdistribusi yang merupakan tulang punggung dari teknologi peer-to-peer. Materi pembelajaran akan fokus kepada pembahasan masalah utama sistem terdistribusi seperti Byzantine Generals Problems dan algoritma yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman terhadap aplikasi yang menggunakan sistem terdistribusi seperti message brokering system, real-time systems, collaboration tools berbasis conflict-free replicated data type (CRDT), dan teknologi blockchain.

 

Skema perkuliahan dibagi menjadi teori dan praktik pemrograman (sebelum UTS) dan pengerjaan mini capstone project (setelah UTS). Silabus lengkap dapat diakses melalui tautan s.id/sisdis2023 (menggunakan akun UI).

 

Bagi mahasiswa yang akan mengambil skripsi dengan topik peer-to-peer dan topik-topik distributed systems lainnya pada semester Ganjil 2023/2024, sangat direkomendasikan untuk mengambil mata kuliah ini.

 

Regards,

--Hilman