Pengumuman Akademis

perlukah compiler (kompilator)

 
Picture of Heru Suhartanto
perlukah compiler (kompilator)
by Heru Suhartanto - Monday, 2 September 2019, 2:17 PM
 

Dear Mahasiswa

Ada spesialis Penyakit Dalam dalam Fakultas Kedokteran, yang membahas organ organ  dalam tubuh manusia, bagaimana mereka bekerja  dari waktu ke waktu, apa saja gangguan yagn ada dan bagaimana gangguan tersebut dapat di atas.

Begitu juga dengan Computer Science,  ada analoginya dengan penyakit dalam,   suatu aplikasi tidak akan berjalan jika tidak ada Operating System, suatu aplikasi tidak akan terbentuk tanpa suatu Compiler,  Suatu compiler dibutuhkan saat ada lingkungan hardware dan software baru, atau saat kondisi compiler saat ini kurang mengakomodasi kebutuhan mengatasi suatu masalah, maka perlu dikembangkan suatu compiler baru.

 
What is a compiler? A program that translates an executable program in one language into an executable program in another language. The compiler might improve the program, in some way.
 
Compiler technology = Off-line processing, Goals: improved performance and language usability, Making it practical to use the full power of the language
 
Trade-off: preprocessing time versus execution time (or space)
 
Rule: performance of both compiler and application must be
acceptable to the end user...
 
Conclusion :  People use compiler do develop tools and or applications.  Tools and or application usually make our life easier.  Materi OS dan Compiler seperti ilmu bedah di fakutas kedokteran.
 
Namun peminat teknik kompilator masih minim   Masih ada kesempatan menjadi lulusan Fasilkom... dan juga memahami, menguasai bagaimana bahasa pemrograman dibuat, dan bagaimana variasi struktur data diimplementasikan, bagaimana konsep pada teori automata dan bahasa diimplementasikan.
 
Silahkan mendaftar bagi yang berminat
 
terima kasih