Pengumuman Akademis

Mata Kuliah TK: Teknologi Perangkat Lunak

 
Picture of Ari Saptawijaya
Mata Kuliah TK: Teknologi Perangkat Lunak
by Ari Saptawijaya - Monday, 6 August 2018, 4:05 PM
 

Pada semester gasal 2018/2019 ini, selain mata kuliah "TK: Arsitektur & Infrastruktur" akan ditawarkan juga "TK: Teknologi Perangkat Lunak" dengan mengambil topik "Mobile Programming" (berbeda dengan sebelumnya yang biasanya mengambil topik "Competitive Programming").

Deskripsi lengkap mata kuliah ini akan segera disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah (Bpk. Gladhi Guarddin dan Bpk. Daya Adianto).

Terima kasih,

Ari Saptawijaya

Picture of Albertus Angga Raharja - 1606918401 Albertus
Re: Mata Kuliah TK: Teknologi Perangkat Lunak
by Albertus Angga Raharja - 1606918401 Albertus - Monday, 6 August 2018, 4:35 PM
 

Selamat sore pak,

Apakah mahasiswa yang sudah pernah mengambil "TK: Teknologi Perangkat Lunak" pada semester-semester sebelumnya (dengan topik "Competitive Programming") bisa mengambil mata kuliah ini lagi dan tidak terhitung sebagai mengulang?

Terima kasih,
Albertus Angga Raharja

Picture of Ari Saptawijaya
Re: Mata Kuliah TK: Teknologi Perangkat Lunak
by Ari Saptawijaya - Monday, 6 August 2018, 5:14 PM
 

Albertus,

Di SIAK akan terdaftar sebagai mata kuliah yang sama, jadi perolehan sks hanya dihitung sekali saja. 

Terima kasih,

Ari

Picture of Gladhi Guarddin Adin
Re: Mata Kuliah TK: Teknologi Perangkat Lunak
by Gladhi Guarddin Adin - Monday, 6 August 2018, 5:08 PM
 

DH Para Mahasiswa,

Berikut adalah Learning Objectives dari MK TK-TPL (Mobile Programming):

  1. Mahasiswa dapat melakukan platform perangkat bergerak, dan bagaimana melakukan pemrograman di atas platform tersebut. Pemrograman dilakukan dengan bahasa pemrograman Java & Native Android. Pemrograman dengan Framework NativeScript akan menjadi materi suplemen (optional).

  2. Mahasiswa dapat mempraktekkan pengembangan aplikasi untuk perangkat bergerak menggunakan perangkat keras masing-masing mahasiswa (atau emulator)

  3. Mahasiswa dapat mengetahui dan mempraktekkan pengembangan aplikasi & mendistribusikan aplikasi pada platform pendistribusian aplikasi (cth: Google Play)

 

Prasyarat dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lainnya

  1. Algoritma dan struktur data

  2. Pemrograman berorientasi objek menggunakan Java

  3. Pemrograman Web

  4. Jaringan komputer

 

Hasil pembelajaran dalam hal pengetahuan:

  1. Siswa memiliki pengetahuan tentang evolusi platform operasi seluler modern dan sistem operasi dan pengetahuan mereka di bidang bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi seluler

  2. Siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang sintaks bahasa Java, yang berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas pemrograman sederhana pada platform mobile

  3. Siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang framework pemrograman untuk perangkat mobile, serta dapat melakukan pengembangan di atas framework tersebut.

  4. Siswa mengetahui dasar-dasar pembuatan dan penerapan aplikasi seluler yang menggunakan antarmuka pengguna grafis, penanganan peristiwa, penyimpanan data persisten, pemrosesan media, dan komunikasi melalui antarmuka komunikasi yang tersedia di perangkat seluler.

  5. Siswa dapat menentukan spesifikasi program yang kompleks dan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan - membuat program untuk perangkat seluler menggunakan teknik pemrograman yang tepat

  6. Siswa dapat merencanakan solusi untuk masalah pemrograman, melakukan simulasi operasi menggunakan emulator perangkat seluler dan perangkat seluler fisik, dan dapat menarik kesimpulan dari hasil yang diperoleh

  7. Siswa dapat menemukan perangkat lunak, dokumentasi teknis, dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas pengembangan yang terkait dengan platform seluler Dalam hal kompetensi sosial

  8. Siswa memahami perlunya peningkatan keterampilannya secara terus-menerus karena lingkungan perangkat seluler yang berubah dengan cepat.

  9. Siswa memahami kebutuhan untuk integrasi berkelanjutan / pembangunan berkelanjutan (CI / CD) dari aplikasi mobile-nya karena perubahan busainess requirement yang cepat berubah terhadap suatu aplikasi perangkat mobile.

 

Materi perkuliahan:

  1. Pengantar platform Android: mesin virtual, alat pengembangan, paket Java, emulator, layanan

  2. Struktur dan siklus hidup aplikasi untuk sistem Android

  3. Antarmuka Pengguna Grafis: menyiapkan wadah dan komponen, pengelolaan tata letak komponen, penanganan acara

  4. Pengolahan sumber daya aplikasi, penyedia konten, sistem file

  5. Persistent Data: backup, akses basis data

  6. Keamanan dan izin aplikasi: arsitektur keamanan, penandatanganan aplikasi, identifikasi pengguna, akses file, deklarasi, dan verifikasi izin

  7. Komunikasi jaringan dan aplikasi internet

  8. Pemrograman dengan Framework NativeScript

  9. Koneksi Wireless

  10. Pemrosesan grafis Multimedia, 2D dan 3D

  11. Lokasi geografis: penggunaan data GPS

  12. Komunikasi Bluetooth: dasar-dasar, perizinan, penemuan perangkat Bluetooth, konektivitas perangkat sebagai klien, pembuatan server, manajemen koneksi

  13. Penyebaran aplikasi: lokalisasi aplikasi, penandatanganan aplikasi, manajemen versi, lisensi, mempersiapkan distribusi

 

Bentuk kelas - laboratorium (Lab)

  1. Pengantar platform Android. Pengantar alat yang digunakan di lab. Buat aplikasi sederhana

  2. Mengembangkan aplikasi dengan Graphical User Interface

  3. Aplikasi untuk pemrosesan sumber daya

  4. Mengembangkan aplikasi untuk pemrosesan grafik 2D

  5. Mengembangkan aplikasi menggunakan koneksi jaringan

  6. Mengembangkan aplikasi untuk persistensi data

  7. Mengembangkan aplikasi untuk pemrosesan multimedia

  8. Mengembangkan aplikasi dengan Framework NativeScript

  9. Presentasi proyek kecil mahasiswa

  10. Mengembangkan aplikasi per-individu

  11. Presentasi hasil proyek