Pengumuman Akademis

PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Gasal 2023/2024 (Januari 2024)

 
Picture of Akademik Fasilkom
PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Gasal 2023/2024 (Januari 2024)
by Akademik Fasilkom - Friday, 12 January 2024, 1:15 PM
 

Kepada mahasiswa/i calon lulusan semester gasal 2023/2024 mohon perhatian untuk hal berikut ini:

 A) Calon lulusan yang berencana akan lulus pada semester asal  2023/2024 harus memenuhi minimal 144 sks untuk Program Sarjana, minimal 40 sks untuk Program MIK, dan minimal 50 sks untuk Program DIK kurikulum 2017 atau minimal 46 sks untuk Program DIK kurikulum 2020. Calon lulusan wajib mendaftarkan diri melalui: https://s.id/lulusanJan2024 paling lambat Selasa 16 Januari 2024 pukul 10.00.

 B) Calon lulusan yang sudah sidang wajib mengunggah softfile yang sudah final (sudah di-revisi dan acc seluruh dosen) ke sidang.cs.ui.ac.id paling lambat tgl 14 Januari 2024 pukul 16.00.

C) Calon lulusan harus mengupdate judul tugas akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) yang sudah final di menu mata kuliah spesial pada sistem SIAK-NG, baik judul yang berbahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, karena judul tersebut yang akan tertera pada transkrip kelulusan. Paling lambat tgl 16 Januari 2024 pukul 10.00.

D) Calon lulusan harus memeriksa kembali IDM (Isian Data Mahasiswa) di sistem SIAK-NG berupa Nama yang akan tertera pada Ijazah, nomor NIK (nomor KTP),  Tempat Kelahiran, Tanggal Kelahiran (data tersebut akan dipergunakan untuk penulisan di Ijazah), serta nomor hp aktif, paling lambat tgl 16 Januari 2024 pukul 10.00. 

Untuk penulisan Nama pada ijazah, tempat kelahiran pada IDM tidak boleh huruf kapital semua, huruf kapital hanya digunakan pada setiap awal kata.
           Contoh penulisan nama: Ridwan Febryanto
           Contoh tempat lahir: Jakarta

E) Calon lulusan diwajibkan mengunduh Formulir IDM yang sudah diedit dan ditandatangani serta Surat Pernyataan bermaterai 10.000 mengenai kebenaran IDM dan Judul Tugas Akhirnya (dapat diunduh dari SIAK NG). Formulir IDM dan Surat Pernyataan yang telah ditandatangani, diunggah dalam bentuk pdf ke:
Sarjana: https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116
MIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3713
DIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3716
paling lambat tanggal 16 Januari 2024 pukul 10.00.

  *) khusus untuk program Sarjana, silakan di scroll ke bawah dan diklik di Prodi masing-masing, lalu submit di slot pengumpulan yang ada di Semester Gasal 2023/2024.

  *) mohon dapat diabaikan bagian "Jumlah sks diperoleh sampai saat ini" pada surat pernyataan, karena bagian ini belum terhitung transfer kredit dan nilai semester terakhir yang belum keluar. Selama jumlah sks total (sks diperoleh + transfer kredit + nilai yang belum keluar) minimal 144 sks, silakan tanda tangani dan upload berkasnya.

F) Calon lulusan diminta untuk mengupload bukti pendaftaran dan verifikasi pada website iluni12.cs.ui.ac.id ke link berikut ini https://forms.gle/W9bWfyjxekneJPfm9. Panduan dan contoh pendaftaran pada wesite Iluni bisa dilihat di link google form tersebut.

G) Calon lulusan wajib mengumpulkan pas photo untuk ijazah paling lambat 2 Februari 2024. Syarat-syarat pas photo sebagai berikut:  

  • Menyerahkan pas photo ukuran 3 x 4 hitam putih (2 lembar) diberi nama dan NPM, Prodi dibagian belakang foto. Pas photo yang formal dan terbaru (3 bulan terakhir). Latar belakang putih, kemeja/jilbab abu-abu muda ketika sudah dicetak, atau sebaliknya yaitu latar belakang abu-abu muda dan kemeja/jilbab putih ketika sudah dicetak. Jangan menggunakan baju berwarna gelap agar cap Fasilkom dapat terlihat di atas foto, seperti pada gambar terlampir.

  • Pas photo dicetak di studio dengan kertas doffTidak diperkenankan dengan kertas glossy (karena cap tidak akan menempel di kertas glossy) dan tidak diperkenankan di print sendiri..
  • Pas photo diantar secara langsung ke Sekretariat Akademik Fasilkom UI Kampus Fasilkom UI Gedung Lama pada saat hari dan jam kerja sekretariat (Senin-Jumat pukul 08.00-15.30). Pas photo boleh dititipkan ke teman, atau diserahkan melalui kurir instan yang langsung ke loket sekretariat. Dilarang menggunakan jasa ekspedisi demi mengurangi kemungkinan pas photo terselip atau tidak sampai ke sekretariat.

H) Apabila status mahasiswa sudah berubah menjadi LULUS di SIAK NG maka mahasiswa sudah TIDAK DAPAT lagi mengubah Judul Tugas Akhir dan IDM pada SIAK NG.

I) Kesalahan penulisan di Ijazah dan penulisan judul tugas akhir menjadi TANGGUNG JAWAB MAHASISWA, bukan tanggung jawab Fasilkom.

J) Calon lulusan wajib menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengambilan ijazah berupa:

  1. Menyerahkan hardcopy laporan Skripsi/Tesis/Disertasi yang dijilid hardcover dan softcopy laporan + source code (jika ada) ke Perpus Fasilkom.
  2. Bebas pustaka (Perpus Fakultas dan Perpus UI); untuk perpus UI bisa dilihat caranya di http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=137, untuk perpus Fasilkom bisa diambil langsung di perpus Fasilkom.
  3. Bukti sudah menyerahkan KP (bagi mhs sarjana reguler/paralel yang mengambil mata kuliah KP).
  4. Tidak ada tunggakan bayaran (ijazah akan ditahan di rektorat jika ada tunggakan).
  5. Bukti accepted publikasi ilmiah (Pasca Sarjana).
  6. Bukti unggah di UI-ana bagi yang mengerjakan TA/KA/Tesis/Disertasi. Unggah di UI-ana paling lambat 6 bulan sejak status di SIAK NG berubah menjadi "lulus". Cara unggah UIana : http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=142
  7. Bukti penyerahan Studi Mandiri (Pasca).

*pengumuman pengambilan ijazah akan diinfokan kemudian melalui scele.

 

Demikian kami sampaikan. Apabila ada pertanyaan, dapat mengirimkan pertanyaan ke email sekreakademik@cs.ui.ac.id dengan subject: Tanya Seputar Kelulusan.

Terima kasih.

 

(Edited by Muhammad Muslih Muhtadi - original submission Thursday, 11 January 2024, 9:49 AM)