Pengumuman Akademis

Kuliah-kuliah pilihan *keren* Prodi Ilmu Komputer, Semester Genap 23/24

 
Picture of Alfan Wicaksono
Kuliah-kuliah pilihan *keren* Prodi Ilmu Komputer, Semester Genap 23/24
by Alfan Wicaksono - Tuesday, 16 January 2024, 10:41 AM
 

Salam Mahasiswa,

 

Program Studi Sarjana Ilmu Komputer menawarkan kuliah-kuliah pilhan yang tidak kalah (baca: "lebih keren") dari program-program MKM seperti Studi Independent atau Bangkit. Kuliah-kuliah pilihan ini mengajarkan fondasi penting dan pembahasan yang mendalam bagi peserta yang ingin menjadi "jagoan" topik-topik terkini seperti Artificial Intelligence, Software Engineering, dan juga Systems & Security.

 

1. Pemrograman Kompetitif (Dosen: Pak Denny & Pak Ammar Fathin Sabili)
Kuliah penting bagi yang suka Competitive Programming! Mata kuliah ini mempelajari berbagai algoritma dan struktur data tingkat lanjut. Algoritma dan struktur data ini diterapkan pada problem yang ditemukan dalam lomba-lomba pemrograman yang merupakan penerapan dalam problem nyata.

2. Game Development (Dosen: Pak Daya & Pak Ade Azurat)
Akhirnya kuliah ini akan dibuka lagi! bagi mahasiswa yang suka Game Development, kalian perlu mengambil kuliah ini. Kuliah ini menyediakan lingkungan yang kreatif bagi mahasiswa untuk mengembangkan game serta memperkenalkan mereka pada praktik dan proses pengembangan game. Kuliah ini juga melibatkan diskusi tentang desain dan implementasi video game digital. Topik-topik penting dalam desain game seperti elemen game, tema, mekanik, keseimbangan, narasi, dunia, dan estetika akan dibahas dalam sesi kuliah & tutorial. Aspek teknis seperti teknologi, platform, dan alat juga akan diperkenalkan.

3. Penambangan Data (Dosen: Pak Fariz Darari)
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep-konsep dasar, masalah, dan teknik untuk menemukan pola dan pengetahuan penting dalam kumpulan data. Kuliah ini bersimpangan dengan pemelajaran mesin, probabilitas, dan statistika. Peserta mata kuliah ini dibekali dengan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis untuk menerapkan teknik-teknik penambangan data tersebut. Selain itu, kuliah ini juga memberikan bekal kepada peserta yang suka dengan perlombaan Data Mining.

4. Pemelajaran Mesin (Dosen: Pak Adila)

Ini adlah kuliah penting di bidang Artificial Intelligence. Kuliah ini adalah tentang pengembangan dan studi algoritma berbasis statistik yang mampu belajar dari sekumpulan data dan mampu melakukan generalisasi terhadap data lain yang tidak terlihat (unseen data) dan melakukan sebuah tugas (seperti classification atau regression) tanpa instruktsi yang eksplisit. Kuliah ini mempelajari "matematika" di balik berbagai macam algoritma machine learning sehingga peserta tidak hanya jago menggunakan tools off-the-shelf machine learning, tetapi juga paham apa yang terjadi behind-the-scene. Kuliah ini juga sangat terkait dengan dan menjadi fondasi untuk kuliah Data Mining, Pemrosesan Bahas Manusia, dan Information Retrieval.

5. Pemrograman Logika (Dosen: Pak Ari Saptawijaya)
Artificial Intelligence (AI) ada yang berbasis data-driven (contoh: machine learning) tetapi ada juga yang berbasis knowledge-based atau berbasis symbolic. Di kuliah pemrograman logika, peserta akan mempelajari dasar-dasar AI yang berbasis symbolic logic. Pembahasan mencakup teori yang mendasari paradigma pemrograman logika dan keterampilan praktis pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman Prolog untuk memecahkan permasalahan, khususnya yang membutuhkan representasi pengetahuan dan penalaran (knowledge representation and reasoning).

6. Robotika (Dosen: Pak Wisnu Jatmiko)
Mata ajar Robotika memberikan pengantar tentang implementasi robot dari sudut pandang ilmu komputer. Topik yang dibahas pada kuliah ini meliputi pergerakan di tempat, perpindahan, penagkapan informasi dari luar, lokalisasi, pemetaan, dan navigasi. Pada kuliah ini, mahasiswa akan melakukan praktikum menggunakan simulasi. Robot tersebut dapat diprogram dengan menggunakan berbagai algoritma pembelajaran mesin maupun kecardasan buatan. Hal tersebut akan dapat membuat pemelajar memiliki ketangkasan maupun pemahaman menyeluruh tentang dunia robotika dalam riset maupun industri.

7. Persamaan Differensial (Dosen: Pak Didit)
Ini juga mata kuliah yang sangat terkait dengan bidang Artificial Intelligence, khususnya untuk simulasi dan pemodelan (abstraksi) fenomena alam. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai berbagai jenis persamaan diferensial yang ada, metode penyelesaiannya, serta penerapannya dalam berbagai bidang melalui pemodelan matematika dari persamaan diferensial tersebut. Mata kuliah ini menitikberatkan pemodelan matematika dari berbagai fenomena alam sesuai dengan kaidah hukum alam yang berlaku dengan menggunakan pendekatan persamaan diferensial terutama persamaan diferensial derajat satu atau dua.

8. Pemrograman Sistem (Dosen: Pak Rahmat M. Samik-Ibrahim)
Sebuah mata kuliah keren yang perlu diambil bagi mahasiswa yang suka bidang systems, networks, dan security. Mata kuliah ini akan mendalami konsep-konsep sebuah sistem operasi, khususnya GNU/Linux, dengan penekanan khusus pada kemampuan praktis untuk mengimplementasikan dan memodifikasi program di bawah lapisan aplikasi. Para peserta akan diperkenalkan pada berbagai lapisan implementasi dari sebuah sistem operasi, seperti pengelolaan proses, sistem berkas, IPC, soket jaringan, dan struktur kernel.

9. Pemrograman Paralel (Dosen: Pak Heru Suhartanto)

Jangan mengaku jago AI jika belum mengambil kuliah ini karena AI sekarang sangat membutuhkan infrastruktur komputer yang mempunyai kemampuan komputasi yang super besar. Model-model berbasis AI tidak mungkin jalan di komputer PC atau Laptop Anda. Kuliah ini akan membahas konsep dan Teknik pemrograman parallel, yang mencakup arsitektur dan model pemrograman parallel. Bagaimana mengatasi pemecahan masalah komputasi data besar dengan infrastruktur komputasi kinerja tinggi (IKKT - High Performance Computing).  Kuliah ini memberikan mahasiswa pemahaman konsep proses yang membutuhkan infrastruktur KKT, kompetensi untuk menganalisis masalah yang perlu diatasi dengan pendekatan parallel dengan pemrograman di lingkungan kluster dan GPU.

10. Kriptografi & Keamanan Informasi (Dosen: Pak Stef)
Anda bukan jago bidang security jika tidak ambil kuliah ini. Ini adalah satu-satunya kuliah yang membahas mendalam tentang kriptografi, sebuah topik penting bagi yang merasa ingin menjadi jagoan security. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan dasar-dasar kriptografi secara benar, jelas dan sistematis yang meliputi: symmetric ciphers, asymmetric ciphers, digital signatures, cryptographic hash functions, key management, security engineering.

11. Ethical Hacking (Dosen: Pak Amril)
Ini kuliah yang bekaitan dengan kuliah Kriptografi di atas. Mata kuliah ini membahas tentang teknik-teknik eksploitasi program binary. Topik-topik yang akan dibahas adalah sebagai berikut: konsep dasar memori dan eksekusi program, bahasa assembly, C, debugger, disassembler, atau decompiler, stack overflow, heap-based overflow, teknik-teknik pertahanan dan contoh kerentanan di dunia nyata. Kuliah ini khususnya berguna bagi yang suka ikut lomba Capture-the-Flag (CTF).

12. Sistem Terdistribusi (Dosen: Pak Hilman)
Pak Hilman sudah post tersendiri terkait kuliah keren ini. Salah satunya, kita akan belajar teknologi terkini yang bernama "Blockchain". Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip dan teknologi dasar dari sistem terdistribusi, membahas algoritma – algoritma yang menyelesaikan masalah dasar sistem terdistribusi termasuk model komunikasi, sinkronisasi waktu, urutan peristiwa, pesan broadcast, konsensus dan konsistensi, serta membekali mahasiswa dengan pemahaman terhadap aplikasi yang menggunakan sistem terdistribusi seperti message brokering system, streaming platform, collaboration tools berbasis CRDT, dan blockchain.

13. Basis Data Lanjut (KELAS ONLINE, Dosen: Pak Bayu Distiawan)
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa tentang teknologi terkini dan metode yang digunakan dalam sistem dan manajemen basis data. Mahasiswa akan mempelajari lebih dalam terkait teknik-teknik yang digunakan oleh DBMS (Database Management System) untuk memproses, mengoptimasi, dan mengeksekusi query pada multi-user system.

14. LAW (KELAS ONLINE, Dosen: Pak Bayu Distiawan)
Layanan & Aplikasi Web (LAW) merupakan mata ajar yang melatih dan memberikan pengalaman pengembangan dan integrasi layanan menggunakan web service dan message broker. Peserta perkuliahan juga dituntut untuk bisa melakukan integrasi secara polyglot (menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman) dengan berbagai macam skenario alur layanan aplikasi.
 

 

Salam,

Prodi IK