Pengumuman Akademis

PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Genap 2021/2022 (Juli 2022)

 
Picture of Inggit Pertiwi .
PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Genap 2021/2022 (Juli 2022)
by Inggit Pertiwi . - Tuesday, 26 July 2022, 4:23 PM
 

Kepada mahasiswa/i calon lulusan semester genap 2021/2022 mohon perhatian untuk hal berikut ini:

 A) Calon lulusan yang berencana akan lulus pada semester genap 2021/2022 harus memenuhi minimal 144 SKS untuk Program Sarjana, minimal 38 SKS untuk Program MIK, dan minimal 50 SKS untuk Program DIK. Calon lulusan wajib mendaftarkan diri melalui: https://forms.gle/oNu37p8KJVVB29g96 paling lambat Jumat 22 Juli 2022 pukul 10.00.

 B) Calon lulusan yang sudah sidang wajib mengunggah softfile yang sudah final dengan ketentuan:

  1. mahasiswa program sarjana yang sidang di semester gasal 2021/2022 (Desember 2021 - Januari 2022) menunggah softfile final yang telah ditandatangani (boleh dalam bentuk image digital) oleh semua pembimbing dan penguji. Softfile final dan lembar persetujuan diunggah di: https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116 paling lambat tgl 21 Juli 2022 pukul 15.00. *) Jika dosen menolak untuk memberikan ttd digital: persetujuan dapat dibuktikan dengan scan/softfile pdf lembar pengesahan atau persetujuan yang diberikan via email dari pembimbing/penguji yang di Cc ke sekretariat akademik.
  2. mahasiswa program sarjana dan magister yang sidang di semester genap 2021/2022 (Juni 2022 - Juli 2022) mengunggah softfile revisi ke sidang.cs.ui.ac.id paling lambat tgl 22 Juli 2022 pukul 10.00.

C) Calon lulusan harus mengupdate judul tugas akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) yang sudah final di menu mata kuliah spesial pada sistem SIAK-NG, baik judul yang berbahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, karena judul tersebut yang akan tertera pada transkrip kelulusan. Paling lambat tgl 22 Juli 2022 pukul 10.00.

D) Calon lulusan harus memeriksa kembali IDM (Isian Data Mahasiswa) di sistem SIAK-NG berupa Nama yang akan tertera pada Ijazah, Tempat Kelahiran, Tanggal Kelahiran (data tersebut akan dipergunakan untuk penulisan di Ijazah), serta nomor hp aktif, paling lambat tgl 22 Juli 2022 pukul 10.00

Untuk penulisan Nama pada ijazah, tempat kelahiran pada IDM tidak boleh huruf kapital semua, huruf kapital hanya digunakan pada setiap awal kata.
           Contoh penulisan nama: Ridwan Febryanto
           Contoh tempat lahir: Jakarta

E) Calon lulusan diwajibkan mengunduh Formulir IDM yang sudah diedit dan ditandatangani serta Surat Pernyataan bermaterai 10.000 mengenai kebenaran IDM dan Judul Tugas Akhirnya (dapat diunduh dari SIAK NG). Formulir IDM dan Surat Pernyataan yang telah ditandatangani, diunggah dalam bentuk pdf ke:
Sarjana: https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116
MIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3167
DIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3162
paling lambat tanggal 22 Juli 2022 pukul 10.00.

  *) khusus untuk program Sarjana, silakan di scroll ke bawah dan diklik di Prodi masing-masing, lalu submit di slot pengumpulan yang ada di Semester Genap 2021/2022.

F) Selain pdf IDM dan Surat Pernyataan, mahasiswa program sarjana juga wajib mengumpulkan screenshot dari kayu-dev.cs.ui.ac.id pada slot yang sama dengan slot IDM dan Surat Pernyataan, paling lambat tanggal 22 Juli 2022 pukul 10.00. (dihapus per 20 Juli 2022 by DC)

G) Calon lulusan diminta untuk mengupload bukti pendaftaran dan verifikasi pada website iluni12.cs.ui.ac.id ke link berikut ini https://forms.gle/REP7BewUZdwJV5W67. Panduan dan contoh pendaftaran pada wesite Iluni bisa dilihat di link google form tersebut.

H) Calon lulusan wajib mengumpulkan pas photo untuk ijazah paling lambat 16 Agustus 2022. Syarat-syarat pas photo sebagai berikut:  

  • Menyerahkan pas photo ukuran 3 x 4 hitam putih (2 lembar) diberi nama dan NPM dibagian belakang foto. Pas photo yang formal dan terbaru (3 bulan terakhir). Latar belakang putih, kemeja/jilbab abu-abu muda ketika sudah dicetak, atau sebaliknya yaitu latar belakang abu-abu muda dan kemeja/jilbab putih ketika sudah dicetak. Jangan menggunakan baju berwarna gelap agar cap Fasilkom dapat terlihat di atas foto, seperti pada gambar terlampir.
  • Pas photo dicetak di studio dengan kertas doffTidak diperkenankan dengan kertas glossy (karena cap tidak akan menempel di kertas glossy) dan tidak diperkenankan di print sendiri.
  • Pas photo diantar secara langsung ke Sekretariat Akademik Fasilkom UI Kampus Fasilkom UI Gedung Lama pada saat hari dan jam kerja sekretariat (Senin-Jumat pukul 09.00-15.00). Pas photo boleh dititipkan ke teman, atau diserahkan melalui kurir instan yang langsung ke loket sekretariat. Dilarang menggunakan jasa ekspedisi demi mengurangi kemungkinan pas photo terselip atau tidak sampai ke sekretariat.

I) Apabila status mahasiswa sudah berubah menjadi LULUS di SIAK NG maka mahasiswa sudah TIDAK DAPAT lagi mengubah Judul Tugas Akhir dan IDM pada SIAK NG.

J) Kesalahan penulisan di Ijazah dan penulisan judul tugas akhir menjadi TANGGUNG JAWAB MAHASISWA, bukan tanggung jawab Fasilkom.

K) Calon lulusan wajib menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengambilan ijazah berupa:

  1. Menyerahkan hardcopy laporan Skripsi/Tesis/Disertasi yang dijilid hardcover dan softcopy laporan + source code (jika ada) ke Perpus Fasilkom. Laporan versi hardcover perlu ditandatangani penguji & pembimbing (bisa diprint dari lembar pengesahan yang sudah ditandatangi dengan image digital atau didownload di sidang.cs.ui.ac.id).
  2. Bebas pustaka (Perpus Fakultas dan Perpus UI); untuk perpus UI bisa dilihat caranya di http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=137, untuk perpus Fasilkom bisa diambil langsung di perpus Fasilkom.
  3. Bukti sudah menyerahkan KP (bagi mhs sarjana reguler/paralel yang mengambil mata kuliah KP).
  4. Tidak ada tunggakan bayaran (ijazah akan ditahan di rektorat jika ada tunggakan).
  5. Bukti accepted publikasi ilmiah (Pasca Sarjana).
  6. Bukti unggah di UI-ana bagi yang mengerjakan TA/KA/Tesis/Disertasi. Unggah di UI-ana paling lambat 6 bulan sejak status di SIAK NG berubah menjadi "lulus". Cara unggah UIana : http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=142
  7. Bukti penyerahan Studi Mandiri (Pasca).

*pengumuman pengambilan ijazah akan diinfokan kemudian melalui scele.

 

Demikian kami sampaikan. Apabila ada pertanyaan, dapat mengirimkan pertanyaan ke email sekreakademik@cs.ui.ac.id dengan subject: Tanya Seputar Kelulusan.

 Terima kasih.

(Edited by Dina Chahyati - original submission Tuesday, 26 July 2022, 4:19 PM)

(Edited by Dina Chahyati - original submission Tuesday, 26 July 2022, 4:21 PM)