Pengumuman Akademis

Beasiswa Program Sarjana-Magister Jalur Cepat (Fast Track) 2022 FASILKOM UI

 
Picture of Harry Budi Santoso
Beasiswa Program Sarjana-Magister Jalur Cepat (Fast Track) 2022 FASILKOM UI
by Harry Budi Santoso - Friday, 29 July 2022, 9:11 AM
 

Program Sarjana-Magister Jalur Cepat (Fast Track) Fasilkom UI adalah program percepatan perkuliahan jenjang Sarjana sampai dengan jenjang Magister yang ditempuh dalam waktu lima tahun. 

Percepatan ini dengan cara mengintegrasikan perkuliahan pada tahun ke empat jenjang Sarjana dengan mata kuliah pada tahun pertama jenjang Magister.

A. Struktur

  1. Jumlah SKS total pada program Sarjana min. 144 sks (termasuk 22 sks di antaranya merupakan mata kuliah pada tahun pertama jenjang Magister  yang diakui sebagai mata kuliah pilihan pada jenjang Sarjana).
  2. Jumlah SKS total pada program Magister = 40 sks (termasuk 22 sks merupakan mata kuliah yang dimaksud pada butir 1 yang diakui melalui transfer kredit).
  3. Penelitian untuk Tugas Akhir pada program Sarjana dan tesis pada program Magister disarankan berada pada peminatan yang sama.

B.  Pelaksanaan Program Fast Track

  1. Perkuliahan diselenggarakan di Universitas Indonesia secara penuh waktu. Tidak diperkenankan untuk melakukan kontrak kerja dengan instansi tertentu.
  2. Perkuliahan dilaksanakan bersama dengan Program Magister yang sudah berjalan di kelas Regular. Tidak diadakan kelas khusus untuk Program Fast Track.
  3. Program fast track diselenggarakan dengan total waktu studi maks. 10 semester.
  4.  Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan program fast track dalam waktu 10 semester hanya mendapatkan gelar Sarjana saja.
  5. Apabila mahasiswa program fast track tidak berhasil mengumpulkan min. 144 sks dan memenuhi ketentuan lulus program Sarjana dalam 8 semester maka status mahasiswa dikembalikan sebagai mahasiswa program Sarjana.

C. Persyaratan

  1. Mahasiwa program Sarjana jalur Reguler, jalur paralel, dan Kelas Khusus Internasional yang sudah memperoleh 120 sks dengan IPK minimal 3,50 pada akhir semester keenam
  2. Kemampuan bahasa Inggris yang minimal setara dengan skor TOEFL 500
  3. Memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukan riset.
  4. Bersedia untuk aktif berkegiatan di salah satu anggota lab riset Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI dalam rangka mendukung penyelesaian riset yang akan dilakukan.

Lab Riset Fasilkom UI: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

D. Prosedur

  1. Dalam mengambil mata kuliah yang ada di program MIK, mahasiswa diharapkan memerhatikan mata kuliah – mata kuliah pada dua bidang minat yang ada, yaitu bidang minat Ilmu Komputer dan bidang minat Sistem Informasi.
  2. Mahasiswa diharuskan berdiskusi dengan PA dan mendapatkan persetujuan PA untuk rencana studi program fast trackmengikuti skema kurikulum pada bagian E berikut.
  3. Mengisi formulir pendaftaran terlampir (Formulir pendaftaran kemudian akan dievaluasi). 
  4. Skripsi dan Tesis diharapkan berkelanjutan

E. Skema Kurikulum

Mahasiswa yang mengikuti program Fast Track mengambil mata kuliah-mata kuliah pada dua semester pertama Program MIK sebagai mata kuliah pilihan pada semester 7 dan 8 program Sarjana.

Kurikulum MIK dapat dilihat pada halaman berikut: 

https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/

Dengan skenario tersebut, jumlah sks yang diperoleh di akhir Semester 8 adalah 148 sks.

Batas waktu pengumpulan formulir pendaftaran fast track serta dokumen-dokumen lain: 30 Juli 2022 (pukul 16.00 WIB), dikumpulkan melalui email: sekre-mik-dik@cs.ui.ac.id

Jika ada pertanyaan dapat mengirim email ke:

Harry B. Santoso [Koordinator Program MIK dan MIK] (harrybs@cs.ui.ac.id)

Alfan Farizki Wicaksono [Koordinator Program Studi Sarjana Ilmu Komputer] (alfan@cs.ui.ac.id) 

Putu Wuri Handayani [Koordinator Program Studi Sarjana Sistem Informasi] (putu.wuri@cs.ui.ac.id).

Catatan:

- Terlampir formulir pendaftaran.

- Tersedia beasiswa dengan penugasan khusus bagi 2 orang pelamar Program Fast Track dengan seleksi yang ketat

Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Salam,
Harry B. Santoso

(Edited by Muhammad Muslih Muhtadi . - original submission Wednesday, 15 June 2022, 8:55 AM)