Pengumuman Akademis

Kejujujuran Akademik dalam Pelaksanaan UTS

 
Picture of Dina Chahyati
Kejujujuran Akademik dalam Pelaksanaan UTS
by Dina Chahyati - Sunday, 24 October 2021, 1:26 PM
 

Dear mahasiswa Fasilkom UI,

memasuki pekan kedua UTS, kami ingatkan kembali kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kejujuran akademik dengan menghindari bentuk kecurangan apapun dalam pengerjaan UTS (dan tugas-tugas lainnya).

Setiap semester, Fakultas membentuk Tim Evaluasi Pelanggaran Akademik yang didalamnya terdapat unsur UPMAF (Unit Penjaminan Mutu Akademik Fakultas), SAF (Senat Akademik Fakultas), dan Manajemen Fakultas, yang salah satu tugasnya adalah menetapkan sanksi bagi pelanggar.  Sanksi yang selama ini pernah dijatuhkan diantaranya adalah: 

  • Pelanggaran pertama: mendapat surat peringatan dari Fakultas (yang di-cc ke orangtua, pembimbing akademik, dan dosen di matakuliah ybs), dan mendapat sanksi terhadap nilai matakuliah yang bersangkutan. Beberapa beasiswa / exchange yang memerlukan rekomendasi khusus dari Dekan juga tidak dapat diberikan kepada mahasiswa yang pernah melakukan pelanggaran akademik.
  • Pelanggaran kedua dst: mendapat surat peringatan keras dari Fakultas (yang di-cc ke orangtua, pembimbing akademik, dan dosen di matakuliah ybs), dan nilai E pada matakuliah yang bersangkutan. Selain itu, mahasiswa juga tidak dapat menjadi asisten matakuliah, tidak akan direkomendasikan untuk menerima beasiswa, dan tidak akan mendapat keterangan berkelakukan baik dari Fakultas selama setahun.

Kami percaya bahwa mahasiswa Fasilkom adalah mahasiswa yang mampu menjaga integritas, dan bisa menjadi orang-orang yang tetap bersih walaupun berada lingkungan yang kotor sekalipun.  

Selamat menjalani UTS, semoga kalian mencapai kesuksesan dengan tetap menjaga integritas.

Picture of Kasiyah Junus
Re: Kejujujuran Akademik dalam Pelaksanaan UTS
by Kasiyah Junus - Monday, 25 October 2021, 6:57 AM
 

Terimakasih banyak atas peringatannya Bu Dina;

Mungkin perlu ditambahkan juga sanksi dalam pemilihan Mahasisa Berprestasi Fasilkom.

Terimakasih banyak.

salam

kasiyah