Pengumuman Akademis

PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Genap 2020/2021

 
Picture of Inggit Pertiwi .
PENTING: Petunjuk untuk Calon Lulusan Semester Genap 2020/2021
by Inggit Pertiwi . - Sunday, 8 August 2021, 9:48 AM
 

Kepada mahasiswa/i calon lulusan semester genap 2020/2021 mohon perhatian untuk hal berikut ini:

 A) Calon lulusan yang berencana akan lulus pada semester genap 2020/2021 harus memenuhi minimal 144 SKS untuk Program Sarjana, minimal 38 SKS untuk Program MIK, dan minimal 50 SKS untuk Program DIK.

 B) Calon lulusan yang sudah sidang (bagi yang mengambil Tugas Akhir/skripsi dan Tesis) wajib mengunggah softfile revisi yang sudah final dan telah ditandatangani (boleh dalam bentuk image digital) oleh semua pembimbing dan penguji (hanya jika dosen menolak untuk memberikan ttd digital: persetujuan dapat dibuktikan dengan scan/softfile pdf lembar pengesahan atau persetujuan yang diberikan via email dari pembimbing/penguji yang di Cc ke sekretariat akademik). Softfile revisi final dan lembar persetujuan diunggah di:
Sarjana: https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116
MIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3167
paling lambat tgl 9 Agustus 2021 pukul 14.00. 

C) Calon lulusan harus mengupdate judul tugas akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) yang sudah final di menu mata kuliah spesial pada sistem SIAK-NG, baik judul yang berbahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, karena judul tersebut yang akan tertera pada transkrip kelulusan. paling lambat tgl 9 Agustus 2021 pukul 10.00.

D) Calon lulusan harus memeriksa kembali IDM (Isian Data Mahasiswa) di sistem SIAK-NG berupa Nama yang akan tertera pada Ijazah, Tempat Kelahiran, Tanggal Kelahiran (data tersebut akan dipergunakan untuk penulisan di Ijazah), serta nomoh hp aktif, paling lambat tgl 9 Agustus 2021 pukul 10.00. 

Untuk penulisan Nama pada ijazah, tempat kelahiran pada IDM tidak boleh huruf kapital semua, huruf besar hanya digunakan pada setiap awal kata.
           Contoh penulisan nama: Ridwan Febryanto
           Contoh tempat lahir: Jakarta

E) Calon lulusan diwajibkan mengunduh Formulir IDM yang sudah diedit dan ditandatangani serta Surat Pernyataan (dapat diunduh dari SIAK NG) mengenai kebenaran IDM dan Judul Tugas Akhirnya. Formulir IDM dan Surat Pernyataan yang telah ditandatangani, diunggah dalam bentuk pdf ke:
Sarjana: https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116
MIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3167
DIK: https://scele.cs.ui.ac.id/course/view.php?id=3162
paling lambat tanggal 9 Agustus 2021 pukul 10.00.

F) Selain, pdf IDM dan Surat Pernyataan, mahasiswa program sarjana juga wajib mengumpulkan Pemetaan Mata Kuliah (contoh terlampir) sesuai kurikulum yang berlaku berupa softfile excel ke https://scele.cs.ui.ac.id/course/index.php?categoryid=116 atau screenshot dari kayu-dev.cs.ui.ac.id paling lambat tanggal 9 Agustus 2021 pukul 10.00.

*mohon abaikan kata-kata "Skripsi" pada judul course, bagi yang tidak mengambil skripsi tetap bisa mengumpulkan IDM, Surat Pernyataan dan Pemetaan Mata Kuliah pada slot tsb sesuai dengan Program Studi masing-masing.

G) Calon lulusan wajib mengumpulkan pas photo untuk ijazah. Syarat2 pasphoto sebagai berikut:  

  • Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 hitam putih (2 lembar) diberi nama dan NPM dibagian belakang foto. Pas photo yang formal dan terbaru (3 bulan terakhir). Latar belakang putih, kemeja/jilbab abu-abu muda ketika sudah dicetak, atau sebaliknya yaitu latar belakang abu-abu muda dan kemeja/jilbab putih ketika sudah dicetak. 
  • Pas photo dicetak di studio dengan kertas doffTidak diperkenankan dengan kertas glossy, dan tidak diperkenankan di print sendiri
  • Pas photo dapat dikirim ke Sekretariat Akademik Fasilkom UI Kampus Fasilkom UI Gedung Lama via Pos atau kurir.

H) Apabila status mahasiswa sudah berubah menjadi LULUS di SIAK NG maka mahasiswa sudah TIDAK DAPAT lagi mengubah Judul Tugas Akhir dan IDM pada SIAK NG.

I) Kesalahan penulisan di Ijazah dan penulisan judul tugas akhir menjadi TANGGUNG JAWAB MAHASISWA, bukan tanggung jawab Fasilkom.

J) Calon lulusan wajib menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengambilan ijazah berupa:

  1. Menyerahkan hardcopy laporan Skripsi/Tesis/Disertasi yang dijilid hardcover dan softcopy laporan + source code (jika ada) ke Perpus Fasilkom. Laporan versi hardcover perlu ditandatangani penguji & pembimbing (bisa diprint dari lembar pengesahan yang sudah ditandatangi dengan image digital)
  2. Bebas pustaka (Perpus Fakultas dan Perpus UI), untuk perpus UI bisa dilihat caranya di http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=137, untuk perpus Fasilkom bisa dilihat caranya di https://bit.ly/SKBPPFasilkomUI.
  3. Bukti sudah menyerahkan KP (bagi mhs sarjana reguler/paralel)
  4. Tidak ada tunggakan bayaran (ijazah akan ditahan di rektorat jika ada tunggakan)
  5. Bukti accepted publikasi ilmiah (Pasca)
  6. Bukti unggah di UI-ana bagi yang mengerjakan TA/KA/Tesis/Disertasi. Cara unggah UIana : http://lib.ui.ac.id/lihatberita?idb=142
  7. Bukti penyerahan Studi Mandiri (Pasca)

*pengumuman pengambilan ijazah akan diinfokan kemudian melalui scele.

K) Calon lulusan yang dinyatakan lulus pada sidang yudisium (nama-namanya akan diinfokan menyusul melalui scele) wajib mengisi google form pada tautan berikut: https://forms.gle/j76VEZG6PP6m5dhp9 paling lambat tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.00.

 

 Terima kasih

(Edited by Muhammad Muslih Muhtadi . - original submission Saturday, 7 August 2021, 10:08 AM)