Pengumuman Akademis

Informasi Moda Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022

 
Picture of Dina Chahyati
Informasi Moda Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022
by Dina Chahyati - Tuesday, 15 June 2021, 4:50 PM
 

Dear mahasiswa,  

Pada semester Gasal 2021/2022 Fasilkom berencana mengadakan pembelajaran secara blended (gabungan sesi offline dan online) untuk sebagian matakuliah wajib semester 1 dan semester 3 jenjang sarjana. Informasi terkait mata kuliah yang akan diadakan secara blended akan diumumkan kemudian. Beberapa mata kuliah semester 1 dan semester 3 akan tetap diadakan secara online penuh.

Seperti biasanya, matakuliah wajib semester 1 dan 3 (untuk program reguler/paralel) akan dibuka beberapa kelas. Untuk pembelajaran secara blended akan dialokasikan hanya 1 (satu) kelas (kelas A) dari sejumlah kelas paralel yang dibuka. Pembelajaran untuk kelas-kelas paralel lainnya (B,C,D, dst) akan tetap diselenggarakan secara online. Untuk program Kelas Internasional, seperti biasa hanya dibuka 1 (satu) kelas saja (peserta pembelajaran online maupun blended dalam 1 kelas).

Sesuai dengan arahan UI terkait penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, ruang kelas yang dialokasikan untuk pembelajaran blended ini hanya boleh diisi oleh maksimal 30 orang dengan pengaturan sebagai berikut:   

  1. Satu kelas (kapasitas 30 mhs) untuk IK/SI Reguler/Paralel angkatan 2021 
  2. Satu kelas (kapasitas 30 mhs) untuk IK/SI Reguler/Paralel angkatan 2020
  3. Satu kelas (kapasitas 30 mhs) untuk IK Kelas Internasional angkatan 2021
  4. Satu kelas (kapasitas 30 mhs) untuk IK Kelas Internasional angkatan 2020.

Untuk jenjang sarjana angkatan 2019, 2018 dan sebelumnya, serta jenjang magister dan doktor, semua perkuliahan di Fasilkom akan dilaksanakan secara online penuh.

 Syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk mengikuti kelas offline/blended:

  1.  Diutamakan sudah divaksin Covid-19 (dibuktikan dengan upload bukti riwayat vaksin Covid-19 atau sertifikat vaksin Covid-19),
  2. Mendapat izin dari orang tua (template surat terlapir)
  3. Mengikuti semua mata kuliah yang telah diputuskan untuk diselenggarakan secara blended pada semester yang dijalani sampai akhir semester, kecuali diputuskan untuk dihentikan (misalnya karena lonjakan kasus).
  4. Memastikan bahwa mahasiswa dalam kondisi sehat (suhu badan normal, tidak melebihi 37o C, tidak batuk pilek, tidak ada gangguan kulit, mata, muntah atau keluhan sakit lainnya)
  5. Jika menggunakan kendaraan umum, mahasiswa wajib menerapkan prinsip jaga jarak.
  6. Jika menggunakan ojek, mahasiswa wajib memakai helm sendiri.
  7. Wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) minimal berupa masker standar tiga (3) lapis dan disarankan juga menggunakan face shield setiap saat.
  8. Mahasiswa bersedia melakukan tes swab antigen/PCR sesuai dengan tingkat resiko atas biaya sendiri, baik untuk pemeriksaan di awal, saat adanya kasus, maupun pemeriksaan berkala.
  9. Jika mahasiswa memiliki gejala maupun mengetahui dirinya positif Covid, maka mahasiswa ybs wajib segera melaporkan kepada Gugus Tugas Covid Fasilkom.
  10. Menyiapkan sendiri bekal makanan/minuman.
  11. Membawa sendiri peralatan sholat (sajadah & mukena)
  12. Mentaati Panduan Penyelenggaraan KBM Pada Pelaksanaan Tatanan Hidup Normal Baru dari K3L UI (dapat dilihat di file terlampir) 
  13. Jika ada lebih dari 30 mahasiswa yang mendaftar untuk setiap kelas, maka Fakultas akan melakukan seleksi berdasarkan prioritas urgensi mengikuti pembelajaran tatap muka.

Link pendaftaran untuk angkatan 2020 akan dibuka pada akhir Juni 2021, sedangkan link pendaftaran untuk angkatan 2021 akan dibuka pada awal Juli 2021.

Picture of Dina Chahyati
Re: Informasi Moda Pembelajaran Semester Gasal 2021/2022
by Dina Chahyati - Monday, 28 June 2021, 11:32 AM
 

Dear Mahasiswa,

menimbang hal-hal berikut ini:

  • Kasus Covid-19 di Jabodetabek masih tinggi
  • Masyarakat usia 18+ masih harus mengantri panjang untuk mendapat vaksinasi di beberapa tempat
  • Orang tua kemungkinan belum dapat memutuskan untuk mengizinkan anaknya mengikuti kegiatan tatap muka karena keadaan belum kondusif

kami memutuskan untuk menunda untuk sementara masa pendaftaran KBM tatap muka.