Pengumuman Akademis

Pengunduran Acara Wisuda Virtual Fasilkom

 
Picture of Dina Chahyati
Pengunduran Acara Wisuda Virtual Fasilkom
by Dina Chahyati - Friday, 5 March 2021, 10:01 PM
 

Dengan berat hati kami sampaikan bahwa acara Wisuda Virtual Fasilkom yang sedianya akan dilaksanakan Sabtu 6 Maret 2021, diundur menjadi Sabtu 13 Maret 2021 pada jam yang sama. 

Kami menyadari bahwa pemberitahuan ini cukup mendadak dan bagi beberapa wisudawan tentu sangat mengecewakan. Oleh karena itu kami merasa perlu menyampaikah hal-hal berikut ini:

  • Hari Rabu 3 Maret 2021, panitia mengadakan gladi di Auditorium Gedung Baru yang dihadiri oleh panitia mahasiswa dan panitia staf
  • Salah satu panitia melakukan swab antigen dan hari ini diketahui positif. Panitia lain yang kontak erat dengan panitia tersebut langsung periksa swab antigen dan alhamdulillah semuanya dinyatakan negatif.
  • Kami lalu melaporkan hal ini ke K3L UI melalui Gugus Tugas Covid 19 Fasilkom dan ternyata semua panitia yang kontak erat harus menjalani tes PCR (bukan hanya swab antigen atau antibodi) karena termasuk resiko tinggi. 
  • Panitia lalu mengadakan rapat dadakan sore ini dan dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Kaprodi MTI, Manajer Pendidikan & Kemahasiswan, dan Ketua Gugus Tugas Covid 19 Fasilkom. Dan setelah mempertimbangkan banyak hal, diputuskan untuk mengundur acara wisuda selama 1 minggu. Kami juga telah melaporkan keputusan ini kepada Dekan. Jadi ini bukan keputusan yang dibuat secara main-main.

Beberapa wisudawan menanyakan hal berikut ini, akan kami jawab di forum ini ya...

  1. Mengapa hanya 1 orang yang kena kok dibatalkan, apakah yang lain tidak bisa handle?  Memang hanya 1 yang kena, tapi kan yang lain juga harus di-tracing. Tujuh panitia inti sebenarnya sudah ditest swab antigen dan sudah negatif. Tapi menurut protokol kesehatan yang berlaku, harus di test PCR semua, dan itu perlu waktu.
  2. Apakah harus menunggu 1 orang tersebut sembuh baru akan diadakan? Tidak, karena kami sudah pikirkan beberapa alternatif skenario. Jadi insyaAllah Sabtu depan akan tetap berjalan. Kami perlu waktu tambahan karena test PCR tidak bisa dalam satu hari saja. Memang ada yang bisa mengeluarkan hasil dalam waktu 6 jam, tapi posisi panitia yang tersebar di beberapa titik di Jakarta membuat kami tidak bisa memastikan bahwa besok pagi semua sudah berhasil di tes dan mendapat hasil negatif. 
  3. Kalau diadakan tanggal 13, mending tidak usah diadakan saja, vibe nya sudah hilang. Kami tidak pernah memaksa wisudawan untuk hadir. FYI acara wisuda fakultas tidak wajib dan tidak semua fakultas mengadakan acara ini. Perlu diingat juga kalau acara fakultas ini sama sekali tidak meminta biaya kepada wisudawan. Panitia mahasiswa yang bekerja dan beberapa kali latihan di kampus juga mengerjakan tanpa pamrih.
  4. Ngga bisa lebih dadakan nih pemberitahuannya? Tidak ada orang yang ingin dirinya terkena Covid apalagi mengatur waktunya. Kalau boleh memilih tentu kami lebih suka jika acara diadakan besok saja, toh semua panitia sudah dites swab antigen dan semua negatif. Tapi kami sebagai bagian dari UI punya SOP sendiri terkait protokol kesehatan yang harus kami penuhi. Para wisudawan mungkin bisa dengan tenang duduk di rumah masing-masing, tapi kami punya kewajiban untuk menjaga agar panitia baik mahasiswa maupun staf yang harus hadir di kampus bisa terjaga kesehatannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Mohon pemakluman dari para wisudawan dan keluarga.

Dan untuk panitia tercinta kami yang positif Covid, Don't worry, it's not your fault.. nobody wants to get infected. Stay strong, we stand with you smile Buat seluruh panitia mahasiswa, tetap semangat yaaa smilesmile

Picture of Kasiyah Junus
Re: Pengunduran Acara Wisuda Virtual Fasilkom
by Kasiyah Junus - Sunday, 7 March 2021, 4:17 PM
 

Dear Bu Dina dan Panitia Wisuda;

Terimakasih banyak atas kerja kerasnya dengan tulus. Terimakasih juga telah memrioritaskan kesehatan bersama dengan menunda acara. Tentu ini membuat pekerjaan panitia menjadi lebih banyak dan kompleks. Semoga yang sakit segera pulih. 

Terus terang sedih membaca komentar mahasiswa ke panitia yang dikutip Bu Dina di atas sad

salam

kasiyah