Pengumuman Akademis

Kuliah Jaringan Komputer Lanjut sem genap 2020/2021

 
Picture of Bayu Anggoro Jati
Kuliah Jaringan Komputer Lanjut sem genap 2020/2021
by Bayu Anggoro Jati - Monday, 8 February 2021, 2:12 PM
 

Dear Mahasiswa,

Mata kuliah Jaringan Komputer Lanjut kali ini akan membahas beberapa perkembangan terbaru pada jaringan komputer, khususnya dengan adanya Industry 4.0. Beberapa teknologi penting pada perkembangan Industry 4.0, seperti AI, Big data dan IoT, membutuhkan dukungan jaringan yang berkualitas. Salah satu kunci pada perkembangan teknologi networking pada dekade terakhir adalah Software Defined Networking (SDN).Pada kuliah Jarkom Lanjut ini kita akan banyak membahas SDN dan beberapa contoh penerapannya. Selain itu juga akan dibahas tentang aspek networking dalam mendukung distributed deep learning dan blockchain.

Google sebagai salah satu raksasa teknologi di dunia, cukup banyak berkontribusi pada pengembangan SDN, khususnya untuk edge networking dan data center mereka yang melayani traffic yang sangat tinggi, baik itu untuk layanan web, cloud serta mendukung layanan big data analytics dan AI di belakangnya. SDN juga banyak dimanfaatkan pada Edge Computing untuk mendukung pemrosesan dan analitika data yang lebih cepat pada IoT dibandingkan jika harus memanfaatkan remote Cloud data center.

Selain teknologi yang sudah disebutkan sebelumnya, blockchain juga merupakan salah satu teknologi yang menjadi topik hangat pada dunia penelitian dan industri. Salah satu masalah utama blockchain yang masih belum dapat diselesaikan adalah scalability, yaitu masih lamanya waktu untuk verifikasi transaksi. Selain karena protokol konsensus, seperti Proof of Work, yang masih membutuhkan waktu lama, ada beberapa solusi yang ditawarkan dari aspek jaringan.

Sebagian besar perkuliahan akan digunakan untuk mereview paper terkait topik-topik tersebut. Selain itu, akan ada hands on menggunakan Mininet dan OpenFlow, salah satu platform SDN yang banyak digunakan di dunia akademis dan penelitian. Pada akhir kuliah, diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan laporan berupa paper atau technical report. Dalam laporan tersebut, mahasiswa dapat re-generate hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya atau dengan sedikit modifikasi.